Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Padang Terbaru dan Harus Dikunjungi

Editor by Mochammad

Tempat Wisata di Padang Terbaru
Tempat wisata di Kota Padang yang terbaru, hits dan seru. Image ©AlterraBills

Explorertour - Mendengar nama Padang, Rendang, legenda Malin Kundang dan kisah Siti Nurbaya mungkin yang pertama terlintas di benak Anda. Padang tidak jauh dari rendangnya yang terkenal. Namun, Padang juga memiliki sejuta tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan lengkap tersedia di kota Padang.

Apakah Anda membutuhkan liburan yang tak terlupakan? Simak daftar tempat wisata di Padang Sumatera Barat berikut ini. Tempat liburan wisata alam terpopuler, terbaru, dan paling banyak dikunjungi sekaligus harus dikunjungi.

1. Lembah Anai dan Lembah Harau

Tempat Wisata di Padang Terbaru
Lembah anai memiliki keindahan alam yang asri yang begitu menakjubkan. Image ©Advontura

Nama Lembah Anai memang sudah dikenal masyarakat. Letaknya sangat strategis, persis di pinggir Jalan Raya Padang, pengunjung bisa menemukan Lembah Anai yang mudah ditemui pengunjung.

Karena aksesnya yang mudah, Lembah Anai sering dijadikan tujuan oleh wisatawan yang datang ke Padang untuk berlibur singkat. Lembah Anai wajib dikunjungi saat berkunjung ke Padang.

Selain Lembah Anai, Lembah Harau adalah lembah lain yang terpopuler. Lembah Harau telah lama menjadi salah satu tempat wisata unggulan di seluruh Padang. Tempat fotogenik ini telah menarik banyak orang untuk mengunjungi Lembah Harau. Selain sebagai tujuan wisata, sejak tahun 1993 tempat ini telah menjadi cagar alam yang populer.

Lembah Harau merupakan rumah bagi tumbuhan hutan tropis yang keberadaannya semakin langka.

2. Air Terjun Tiga Tingkat

Tempat Wisata di Padang Terbaru
Air terjun terjun yang tampak memukau. Image ©DictioCommunity

Terletak di desa Koto, air terjun ini sangat cocok bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Padang. Meski tidak sepopuler destinasi lainnya, Air Terjun Tiga Tingkat ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Baca Juga Tempat Wisata Bandung yang Hits

Tour ini sangat cocok untuk orang yang suka beradrenalin. Meski harus melalui jalan terjal dan licin untuk mencapai titik air terjun, pengunjung akan terpuaskan setelah melihat keindahannya.

3. Pulau Sirandah

Pulau Sirandah adalah surga bagi mereka yang senang menyelam dan snorkeling. Bukan tanpa alasan air lautnya yang begitu jernih memperlihatkan pesona alam bawah laut yang indah. Tak heran jika Pulau Sirandah dijadikan sebagai salah satu daya tarik utama Kota Padang. Daya tarik Pulau Sirandah semakin meningkat seiring dengan potensi pulau berdekatan yaitu Pulau Ular dan Pulau Pandan.

Pulau tropis ini sangat ramah bagi wisatawan yang ingin berkemah di pinggir pantai. Untuk mengunjungi Pulau Sirandah, Anda bisa memulai perjalanan dengan kapal atau perahu dari Dermaga Bungus atau Dermaga Sey Pisang. Dibutuhkan sekitar 60 menit untuk mencapai Pulau Sirandah.

4. Pulau Sikuai

Seperti pulau Padang lainnya, Pulau Sikuai wajib dikunjungi saat berkunjung ke Padang. Suasana kawasan yang asri dengan pantai berpasirnya yang menakjubkan tak heran jika banyak pengunjung yang menghabiskan waktu liburannya di pulau ini.

Pulau Sikuai terkenal sebagai tujuan bulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus naik perahu selama 35 menit. Keunikan Pulau Sikuai adalah banyaknya ikan yang berenang ke darat. Sehingga pengunjung dapat memancing dengan mudah.

5. Pantai Caroline

Jika Anda sedang melewati Padang, Pantai Caroline wajib ada dalam bucket list Anda. Pantai Caroline berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Padang dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum menuju Bungus.

Berbagai fasilitas di Pantai Caroline antara lain cottage, hotel, restoran, galeri seni dan area khusus anak-anak. Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pantai dari dekat, bisa menyewa perahu motor atau perahu nelayan. Jika beruntung, pengunjung pada hari yang cerah dapat melihat seberkas awan biru di langit yang seolah menyatu dengan Pantai Caroline. Ombak yang memecah pantai bergerak ke tepi meninggalkan buih-buih di pasir pantai yang kecoklatan.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah pepohonan yang rindang dan kawasan Landau yang asri. Pada dasarnya Pantai Caroline memiliki sejuta potensi laut yang sangat bagus dibandingkan dengan pantai lainnya.

6. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman adalah jawaban paling tepat bagi pengunjung yang ingin mengenal budaya Minangkabau. Destinasi wisata sejarah ini berdiri sejak tahun 1977.

Nama Adityawarman sendiri diambil dari nama salah satu raja Malayapura yang mulai bekerja pada abad 14. Sebagai informasi, museum Adityawarman dijuluki Taman Mini Sumatera Barat. Fasilitas dan keunikan yang ditawarkan museum ini kurang lebih sama dengan yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Di museum ini pengunjung dapat belajar dan menikmati sejarah, budaya dan tradisi suku Minangkabau.

7. Danau Cimpago

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif wisata keluarga, Telaga Cimpago bisa menjadi destinasi yang tepat. Telaga seluas 2 hektar ini awalnya digunakan sebagai saluran drainase pengendali banjir Kota Padang, namun dengan penataan yang baik, Telaga Simpago menjadi destinasi wisata keluarga yang layak dikunjungi.

Saat musim liburan tiba, Danau Cimpago dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengisi waktu luangnya. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan danau, tapi juga mencoba wahana air yang seru. Wahana yang ditawarkan antara lain perahu kayuh, sepeda kayuh, perahu kayuh, dan lainnya.

Selain foto wahana air, ada juga beberapa spot foto unik yang bisa dijadikan background foto. Keajaiban Cimpago semakin sempurna karena hadirnya beberapa warung kecil yang menjual makanan khas Padang. Ada beberapa fasilitas ramah anak untuk anak-anak, seperti mobil yang bisa disewa.

8. Bukit Nobita

Kota Padang dikejutkan dengan tersedianya tempat-tempat wisata baru. Sirkuit yang baru diresmikan dirancang menyerupai bukit di latar belakang sekolah dari kartun Nobita Doraemon. Dari atas bukit, Anda akan melihat pemandangan seluruh kota Padang yang menakjubkan.

Meski tergolong wisata baru, namun penduduk setempat tidak ingin menikmati keindahan Kota Padang pada malam hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Nobita adalah pada malam hari, ketika lampu kota bersinar terang. Meski perjalanan menuju bukit Nobita sangat terjal, rasa lelah itu langsung terbayar dengan pesona pemandangan yang menarik.

9. Lubuk Paraku

Memasuki kota Padang sempatkan untuk mengunjungi Kolam Lubuk Paraku. Tempat ini berupa kolam dengan air berwarna biru dan sangat jernih. Suasana menjadi gelap saat pucuk pohon di sekitarnya bergetar tertiup angin. Perjalanan yang satu ini tidak banyak berubah, jadi suasananya cukup bagus.

Telaga yang sudah ada sejak zaman kolonial ini ditetapkan sebagai destinasi wisata alam utama pada tahun 1980-an. Tidak heran ruang yang indah dan masih perawan begitu padat. Bahkan, keindahan dan pesona reputasi Lubuk Paraku terlihat jelas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan luar kota yang datang ke Lubuak Paraku.

10. Air Terjun Lubuk Hitam

Tempat Wisata di Padang Terbaru
Air terjun pada tempat ini juga tak kalah menarik dari yang lainnya. Image ©AndalasTourism

Petualangan air terjun alami di Padang lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Lubuk Hitam. Berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya, Air Terjun Lubuk Hitam merupakan air terjun dengan aliran air tawar. Saat Anda berkunjung ke wisata ini, Anda akan menemukan air terjun pada tiga tingkatan yang sangat unik.

Saking uniknya, ketiga tingkatan air terjun ini masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Dua tingkat pertama mencapai ketinggian 2 meter. Tingkat kedua air terjun ini tingginya 10 meter. Kedua level ini sangat mudah dijangkau karena memiliki jalur yang rendah dan tidak terlalu menanjak. Cantik itu sangat indah dan eksotik.

11. Pantai Padang

Bagi orang Minang, nama Pantai Padang memang agak asing. Ini karena orang Minang menyebutnya TapLau. TapLau merupakan salah satu pantai di Padang dengan keindahan pantai pasir putih dan aneka bunga cantik.

Lokasi Pantai Padang dekat dengan Ramayana Plaza Andalas, Pasar Raya Padang serta Jembatan Kota Nurbaya. Di sekitar pantai, pengunjung bisa menikmati seafood lezat yang dimasak dengan bumbu khas Padang. Kepopuleran Pantai Padang tersebar hingga ke pelosok tanah air. Jadi jika Anda mengunjungi Padang, Anda harus mengunjungi Pantai Padang.

12. Air Terjun Sarasah

Wisata alam ini lebih dikenal dengan nama Sarasah Barasok. Sarasa artinya air terjun dalam bahasa Padang sedangkan Barasok artinya berasap. Seperti namanya, Sarasah Waterfall Nature Walk tampak seperti asap yang menjulang tinggi dari jauh. Penyebabnya adalah semburan air yang sangat deras dan menjulang hingga 20 meter.

Berada di kawasan Banja Loweh, Kabupaten 50 Kota, air terjun ini menawarkan begitu banyak keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Namun, ini adalah tour yang sempurna bagi mereka yang menyukai perjalanan petualangan. Pasalnya, untuk mencapai tempat air terjun tersebut harus melewati medan yang sangat terjal.

13. Pantai Pasumpahan

Tempat Wisata di Padang Terbaru
Jernihnya air di pulau pasumpahan, Padang. Image ©NativeIndonesia.com

Sumber daya alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu yang akan dibahas adalah Pantai Pasumpahan. Wisata Pelayaran ini diharapkan menjadi pulau Maldives Indonesia. Bagaimana bisa, warna air laut yang jernih dan pasir putih berdiri berdampingan dengan begitu bersihnya. Kedua unsur ini berhasil menjadi perpaduan sempurna dari Pantai Pasumpahan.

Di sekitar wisata Pasumpahan ini Anda bisa melihat rumah penduduk setempat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Wisata laut Pasumpahan sangat cocok bagi mereka yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota. Saking indahnya, pantai di Padang, Sumatera Barat ini siap dikembangkan menjadi wisata terbaik.

Pantainya sendiri terletak di Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Padang. Bagi Anda yang pernah mendengar nama wisata Pulau Sikuai, letaknya berada di sebelah Pantai Pasumpahan. Untuk mengunjungi wisata laut ini, Anda bisa naik perahu ke Dermaga Teluk Bungus dan Dermaga Sungai Pisang.

Baca Juga Tempat Wisata di Bogor Sangat Populer

Destinasi wisata terkenal di Padang ini memiliki sejuta pesona yang indah dan menakjubkan. Dari wisata alam hingga wisata buatan manusia yang menakjubkan. Selain wisata, Padang juga memiliki berbagai cerita sejarah untuk dijelajahi. Sejarah, budaya dan tradisi Minangkabau dapat dilihat di museum Padang.

Padang tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan sejarahnya, tetapi juga memiliki pengaruh yang besar terhadap wisata kuliner. Berbagai sajian kuliner lezat dan menggugah selera tersaji lengkap di Padang. Dari masakan tradisional hingga modern, para tamu dapat dengan mudah menikmatinya. Salah satu kuliner khas Padang yang sudah terkenal di mancanegara adalah rendang. Bahkan, sudah banyak sajian kuliner yang disulap menjadi variasi kuliner lainnya.

Itulah daftar tempat wisata di Padang yang direkomendasikan yang Harus Anda kunjungi. Meski tak sepopuler Bali, pariwisata di Padang patut diapresiasi. Padang juga menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berkeliling Padang dengan budget terbatas. Padang melambangkan keindahan dan kekayaan alam Indonesia.

ExplorerTour
ExplorerTour Explorer Tour adalah situs blog yang menjelaskan tentang tempat Wisata dan Kuliner. Terimakasih telah mengunjungi kami.