Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi

Selasa, 07 Februari 2023, 14.019 WIB
Edited by Mochammad

Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi
Pemandangan salah satu tempat wisata di Lampung. Foto: @tiket.com

Explorertour - Lampung memiliki wisata alam yang tak kalah dari provinsi lain di Indonesia, mulai dari pantai, pegunungan hingga kawasan hutan yang luas, yang menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak terkecuali dengan Provinsi Lampung Barat, Kabupaten di Provinsi Lampung yang terletak di ujung perbatasan Sumatera Selatan ini memiliki tempat wisata yang beragam, wilayah Lampung Barat didominasi dengan pegunungan dan perbukitan seluas 3.368,14 km ini mempunyai motto Beguai Jejama yang berarti "Bekerja Sama" dalam bahasa Indonesia.

Dengan kondisi tanah Lampung Barat yang subur menjadikannya sebagai daerah yang cocok untuk ditanami, kopi merupakan salah satu tanaman yang memberikan penghasilan bagi Lampung Barat.

Menariknya, salah satu desa di Lampung Barat bernama kampung kopi, desa tersebut bernama Desa Wisata Rigis Jaya, dimana kopi ditanam oleh masyarakat setempat dan terletak di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Desa ini terpilih sebagai salah satu dari 50 desa dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021.

Selain kampung kopi, berikut tempat wisata nuansa alam yang harus dikunjungi saat liburan di Lampung Barat.

Baca Juga Tempat Wisata Cirebon yang Kaya akan Sejarah dan Budaya

1. Sungai Way Besai

Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi
Rekreasi sekaligus olahraga di tempat wisata Sungai Way Besai, Lampung. Foto @SahabatBahari

Bagi yang menyukai wisata arung jeram, lokasi Sungai Way Besai cocok bagi pecinta olahraga yang memacu adrenalin. Destinasi wisata ini terletak di Sumber Jaya, selain lapangan olahraga, wisata ini menawarkan pemandangan indah di sekitar sungai.

2. Situs Megalitik Batu Berak

Jika Anda menyukai wisata sejarah pada masa Megalitikum, maka situs megalitikum Batu Berak merupakan peninggalan sejarah yang menarik untuk Anda. Situs Megalitik Batu Berak telah ditemukan sekitar tahun 1950-an dan memiliki jalan yang bagus yang dapat Anda gunakan untuk berkeliling dengan mobil pribadi.

3. Taman Hamtebiu

Saat berada di Liwa, Taman Hamtebiu merupakan tempat terdekat untuk menuju destinasi wisata tersebut.

Pengunjung dapat memberi makan ikan di danau yang sangat besar, hanya membutuhkan waktu 3 menit dari Liwa untuk menemukan taman ini. Pengunjung dapat bersantai di sekitar tempat wisata dan membeli berbagai makanan ringan, juga terdapat patung sakura di bagian atas yang dijadikan budaya rakyat Lampung Barat.

4. Temiangan Hill

Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi
Spot wisata pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, Lampung. Foto @DuniaIndra

Terletak di gedung Surian, Temiangan Hill dikenal sebagai negeri di atas awan. Dengan pemandangan awan di bawah gunung, Anda akan merasa berada di negeri dongeng yang indah dan pastinya di barengi dengan pemandangan yang asri dan yang memukau.

Jika beruntung, pengunjung dapat melihat siamang dan binatang monyet di jalan dan di sekitar puncak.

5. Danau Ranau

Danau Ranau merupakan wisata danau terpopuler kedua di Sumatera setelah Danau Toba, terletak di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Lampung, sehingga membagi wisata Danau Ranau menjadi dua kawasan tersebut. Danau ini tidak hanya menjadi tempat pengairan, tetapi juga tujuan wisata yang menarik.

Di Sepanjang pinggiran pantai anda akan menemukan gubuk-gubuk kecil yang menawarkan aneka makanan dan jajanan, para pengurus juga menyediakan fasilitas seperti banana boat yang tersedia di wisata Pantai Pelangi.

6. Wisata Bukit Bawang Bakung

Bagi Anda yang mencari tempat perkemahan terbaik, Bukit Bawang Bakung akan menjadi tujuan utama Anda. Mencari kabut pagi dan mentari dengan background spot foto gunung tertinggi di Lampung, tempat ini sangat dikenal wisatawan di luar Lampung Barat.

Dari Bandar Lampung menuju tempat ini membutuhkan waktu 5 jam nonstop, setelah sampai di Bukit Kemuning Lampung Utara ambil jalan menuju ke arah Lampung Barat.

7. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dari Liwa ke Pantai Barat Krui, Anda akan melewati kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Anda bisa berwisata ke Sepapah Kiri atau Sepapah Kanan yang terkenal dengan air terjunnya yang menakjubkan.

Aliran airnya yang sangat jernih memungkinkan pihak pengelola menggunakan sungai tersebut sebagai tempat pemandian.

Biaya asuransi 5000 rupiah sudah cukup untuk masuk ke tempat wisata tersebut. Tetapi jika Anda ingin bepergian, gunakan pemandu tur untuk mencapai lokasi air terjun. Jadi, Anda perlu menyiapkan dana yang lebih.

8. Gunung Seminung

Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi
Pemandang yang menawan di puncak Gunung Seminung, Lampung. Foto @KataOmed

Gunung Seminung terletak di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Lokasinya berada di perbatasan Lampung Barat dan Sumatera Selatan membagi Gunung Seminung menjadi dua kawasan. Sesampainya di puncak, pendaki akan melihat pemandangan alam menakjubkan yang membentang di Danau Ranau, perbukitan dan pesisir laut yang dapat dipandang di ujung cakrawala.

Bagi pendaki pemula, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mencapai puncak. Jalur pendakian dapat dimulai dari kaki gunung di Lombok Agung.

Ada juga pos jaga di dasar gunung tempat Anda dapat memarkir kendaraan.

9. Limau Kunci

Wisata Limau Kunci terletak 10 menit perjalanan dari Tugu Liwa, wisata ini menawarkan panorama yang indah. Wisatawan di sarankan untuk datang pada pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit yang menjadi fokus wisata ini.

Pemandangan perbukitan yang tertutup awan di bawah saat matahari terbit membuat pengunjung terkagum-kagum dengan keindahan luar biasa yang ditawarkan. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah untuk menikmati indahnya matahari terbit di Limau Kunci.

10. Nirwana Keramikan

Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi
Kawah Nirwana Keramikan  Lampung, keindahannya mirip dengan Yellowstone Amerika. Foto @BackpackerLampung

Terletak di Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Wisata ini menjadi salah satu tempat yang terakhir kali dikunjungi saat berlibur di Lampung Barat.

Wisata keramik awalnya diciptakan oleh letusan gunung berapi terdekat, yang membentuk lava keramik yang mengeras dan di dekat mata air panas bumi, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memukau dan indah.

Bukan hanya Keramikan dan sumber air panas, terdapat kabut putih yang tercipta dari uap panasnya, sehingga pengunjung bisa mendapatkan background yang menarik untuk berfoto di sekitar lokasi. Untuk memasuki wisata keramik dari Bandar Lampung memakan waktu 4 jam tanpa henti.

Setelah sampai di desa, pengunjung menggunakan jasa ojek milik masyarakat setempat atau bisa langsung menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor, namun wisatawan dengan kendaraan roda empat tidak diperbolehkan menuju lokasi karena jalan yang dilalui tidak dapat dilalui.

Baca Juga Destinasi Wisata di Brebes, Sangat Cocok Untuk Liburan

Itulah rekomendasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di Lampung Barat, tempat dengan pemandangan indah yang harus selalu kita lestarikan agar dapat lestari dan dinikmati oleh generasi penerus.***

ExplorerTour
ExplorerTour Explorer Tour adalah situs blog yang menjelaskan tentang tempat Wisata dan Kuliner. Terimakasih telah mengunjungi kami.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata Nuansa Alam di Lampung yang Harus Dikunjungi"