Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan

Kuliner

Author by Mochammad
Selasa, 10 Januari 2023, 23:48 WIB
Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Ilustrasi foto makanan di Medan. @TripZillaIndonesia

Explorertour - Siapa orang yang belum pernah mendengar kota Medan. Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara dan termasuk kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain pemandangan alamnya yang indah hingga menawan, Medan juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Wisatawan juga akan menemukan hidangan enak yang telah ada selama puluhan tahun berdiri.

Oleh karena itu, jika waktu liburan telah datang dan Anda telah menentukan untuk berliburan di Medan, jangan lupa mencicipi kuliner enak, lezat sekaligus nikmat yang ada di Kota Medan ini. Rekomendasi kuliner Medan yang harus Anda coba yang telah dilansir dari berbagai sumber, bisa Anda simak dalam artikel ini.

Baca Juga 9 Tempat Kuliner di Brebes yang Belum Banyak Orang Ketahui

Kuliner Medan yang Terkenal Enak, Lezat Hingga Nikmat

Kwetiau

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Kwetiau ala Medan. @GrabFood

Kwetiau goreng merupakan salah satu menu masakan Medan yang paling populer. Rasanya sangat enak dengan campuran udang goreng. Jadi, bagi Anda suka makan kwetiau bisa berkunjung ke warung Kwetiau Ahong di Jalan Sumatera. Dengan harga kwetiau goreng di sini hanya seporsi 26.000 rupiah saja. Ada menu lainnya juga yang tak kalah menggugah selera.

Kerang Rebus Kapuas

Seperti namanya, lokasi warung tersebut ada di Jalan Kapuas dan dekat dengan kedai Martabak Piring. Makanan utamanya yaitu Kerang, yang terdiri dari dua jenis kerang yaitu kerang bulu dan kerang batu, Anda juga dapat menyesuaikannya sesuai selera, bisa hanya setengah matang atau bahkan matang merata. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang spesial.

Es Krim Tip Top

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Foto es krim tip top medan yang memiliki tekstur lembut. @Tripadvisor

Tip Top Restaurant adalah salah satu toko legendaris di Medan. Salah satu makanan penutup ini telah berdiri sejak zaman kolonial dan populer di kalangan masyarakat. Sajian utama di sini adalah es krim yang memiliki tekstur lembut di lidah. Jika kalian yang penasaran tentang menu apa saja yang ada restoran ini, mampirlah ke Jalan Ahmad Yani. Jangan lupa untuk mencoba pie otentiknya, cocok untuk 
dijadikan makanan penutup atau dihidangkan di saat waktu santai.

Wajir Seafood

Kuliner Medan yang terkenal selanjutnya adalah Wajir Seafood. Namanya Restoran Seafood, juga dikenal sebagai Wajir Seafood. Lokasinya di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 31 dengan hidangan seafood segar dan enak yang bikin lidah Anda ketagihan. Jika Anda berkunjung di sini, Anda juga harus mencoba kepitingnya.

Sop Sumsum Langsa

Sudah terkenal sejak 1990 , tempat kuliner yang dimiliki oleh H. Lukmanul Hakim dengan mengandalkan sop sumsum langsa sebagai sajian utamanya. Hidangan ini disajikan di atas piring dengan kuah yang istimewa. Namun yang tidak pernah membuat tempat ini kosong adalah kelezatan kuahnya. Biasanya, olahan makanan ini tetap menggunakan resep dari keluarga sebelumnya jadi turun temurun.

Martabak Gapa

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Kuliner Martabak Gapa Medan. @Tripadvisor

Karena letaknya yang dekat dengan Malaysia, sehingga Medan dipengaruhi oleh budaya Malaysia. Tidak heran jika kota ini juga memiliki roti cane. Salah satu tempat yang menjual jajanan ini adalah Martabak Gapa Perniagaan. Selain itu, ada menu lainnya mulai dari martabak mesir, martabak telur sekaligus roti tissue yang menjadi sangat populer baru-baru ini. Jika penasaran dengan menu khas Melayu ini , Anda tinggal mampir ke Jalan Letjend S. Parman, Patisa Tenga.

Bika Ambon

Setelah Anda telah usai berlibur di Kota Medan, jangan lupa bawa oleh-oleh dari Medan. Lalu oleh-oleh apa yang pantas untuk di bawa pulang? Ya, apalagi kalau bukan Bika Ambon yang mempunyai tekstur lembut dan bagi yang memakan hidangan tersebut bikin ketagihan. Ada beberapa penjual jajanan ini, toko Yen - yen adalah salah satunya. Terletak di Jalan Mojopahit Nomor 26, Petisah Tengah, Medan Petisah. Tidak Jauh dari sana, ada pula Bika Ambon Zulaiha yang berlokasi di Jalan Mojopahit Nomor 96.

Bolu Meranti

Selain Bika Ambon, Bolu Meranti pun bisa menjadi oleh - oleh yang cocok untuk dibawa pulang. Jajanan ini hadir dalam bentuk bolu gulung khas Medan yang wajib dikunjungi para wisatawan. Rasa dari kue ini beragam, ada coklat, keju, strawberry, blueberry, nanas dan abon ayam. Untuk mencicipi makanan ini, Anda bisa menuju ke Jalan Kruing Nomor 2K atau di Jalan Sisingamangaraja Nomor 19B.

Soto Sinar Pagi

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Foto seporsi Soto Sinar Pagi Medan. @Flickr

Soto Medan memiliki ciri khas tersendiri dibanding yang lain. Satu porsi hidangan Soto Sinar Pagi yaitu terdiri dari kuah santan kental berwarna kuning agak kehijauan. Rasa lezatnya hadir sebagai isian yang nikmat. Restoran Soto Sinar Pagi adalah salah satunya yang menyajikan masakan Medan ini. Tidak hanya para pecinta kuliner, tetapi juga banyak masyarakat lainnya yang langganan makan disini.

Es Pokat

Baru-baru ini Es Pokat Shake sedang hits di media sosial. Minuman yang sangat sederhana ini terbuat dari alpukat yang dihaluskan, kemudian ditambahkan susu dan gula merah. Es krim Pokat Shake Bu Lia sudah dikenal banyak orang. Bahkan, banyak orang rela mengantri berjam - jam untuk mendapatkannya.

Teh Susu Telur

Teh susu telur adalah salah satu hidangan terfavorit oleh masyarakat Medan. Tempat paling terkenal dengan menu ini adalah Teh Susu Telur Pak Haji yang sudah terkenal sejak tahun 1960 - an. Lokasinya yang berada di Jalan Puri tidak pernah sepi, selalu ramai dengan pembeli. Campuran teh, susu dan telur bebek atau ayam lokal tidak pernah berubah. Siapapun yang membutuhkan stamina untuk menjelajahi kota Medan harus mencoba minuman ini.

Sate Memeng

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Sate memeng siap untuk di santap. @detikFood


Makanan di Medan tidak pernah mengecewakan. Termasuk Sate Memeng yang telah berdiri sejak tahun 1945. Berlokasi di Jalan Irian Barat Nomor 2, Gang Buntu, Kota Medan dan warung makan ini terkenal dengan sate dagingnya yang enak dan besar. Meski ukurannya yang besar, kematangan sate memeng terbagi rata ke bagian terdalam dagingnya. Apalagi kuahnya menggunakan kuah sate Padang dan bumbu kacang. Pastinya lezat dan membuat ketagihan!

Bihun Bebek Asie

Para pecinta bebek mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba bihun bebek kumango. adalah makanan khas Medan yang terdiri dari perpaduan bihun dengan bumbu yang khusus kemudian dipadukan dengan daging bebek menghadirkan citarasa yang unik dan juga nikmat. Bumbu bihun bebek kumango disajikan diatas bihun yang diberi daging bebek sebagai paduan yang lengkap untuk dapat menggugah selera. Bihun bebek kumango menjadi rekomendasi yang wajib untuk dicoba saat sedang berkunjung ke Medan dan untuk harganya tak perlu khawatir karena kenikmatan daging bebek dibalur dengan sambal yang membuat lidah luluh dan juga bihunnya yang kenyal membuat selalu penasaran dan ketagihan untuk menyantapnya. Kalau sudah penasaran, kalian bisa cari saja banyak warung makan yang menyajikan menu ini tepatnya berada di daerah Kesawan, di jalan Kumango.

Sop Multatuli

Selain Bihun bebek kumango, ada juga menu lain yang menghadirkan bihun sebagai hidangannya seperti Sop multatuli ini. Bagi kalian yang demen dengan yang berkuah-kuah, ini cocok nih untuk dicoba. Perpaduan antara bihun yang kenyal ditemani dengan irisan daging ayam serta toping-toping seperti tahu dan bakso yang tentunya opsional atau kalian jika tidak ingin hanya mencoba bihunnya, kalian juga bisa menggantinya dengan kwitiau. Apalagi makanan yang berkuah sangat nikmat sekali jika ditemani dengan kerupuk yang renyah. Untuk kalian yang sedang berada di Medan dan ingin mencari kuliner yang basah-basah berkuah, sop multatuli menjadi rekomendasi untuk kalian coba. Letaknya berada di komplek Multatuli, Blok d nomor 30. Selamat mencoba dan jangan takut untuk ketagihan.

Mie Aceh Titi Bobrok

Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan
Gambaran salah satu kuliner Mie Aceh di Medan yang menggugah selera. @Tripadvisor

Memang mie aceh merupakanan kuliner yang khas dan populer sekali di manca daerah. Termasuk di Medan. Yang membuat mie aceh titi bobrok ini unik dan mengundang banyak perhatian adalah kombinasi antara mie aceh dan topping kepitingnya yang besar. Penasaran? Langsung saja buktikan dan bawa keluarga atau orang terkasih untuk sama-sama mencoba Mie aceh titi bobrok ini, tepatnya berada di jalan Setia Budi nomor 17 D, disitu kalian akan temukan warung atau resto yang menyajikan hidangan ini.

Lontong Kak Lin

Buat kalian penggemar lontong sayur pasti tidak akan kebingungan atau tidak akan kesulitan untuk menemukan hidangan kuliner ini. Ada beragam hidangan lontong seperti lontong sayur, lontong pecel, lontong tahu goreng bahkan lontong mie, kalian akan temukan disini tepatnya berada di jalan T. Cik Ditiro apalagi Lontong kak lin ini sudah exist dari tahun 1994, jadi kalian tidak akan kesusahan untuk menemukannya.

Baca Juga Kuliner khas Kota Lainnya

Nah, itulah beberapa kuliner Medan yang terkenal enak, lezat hingga nikmat. Jika menyantapnya pasti akan membuat lidah Anda ketagihan. Jangan lupa saat usai pulang membawa oleh-oleh kuliner khas Medan. Selamat berkunjung!

ExplorerTour
ExplorerTour Explorer Tour adalah situs blog yang menjelaskan tentang tempat Wisata dan Kuliner. Terimakasih telah mengunjungi kami.

Posting Komentar untuk "Kuliner Medan yang Terkenal, Pastinya bikin Ketagihan"