Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits

Senin, 06 Maret 2023, 23.03 - by Mochammad

Berikut rekomendasi tempat wisata di Makassar, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata alam terkini, terbaru dan tentunya hits yang kaya akan pesona pemandangan, Anda harus menentukan tempat wisata apa saja yang harus dikunjungi saat liburan ke Makassar. Kota Makassar juga dijuluki sebagai Kota Angin Mamiri, memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah dengan Kota lainnya.

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Pantai Losari salah satu tempat wisata di Makassar. Image ©PT.EticonRekayasaTeknik


Explorertour - Makassar adalah kota besar di Sulawesi Selatan. Sebagai tempat wisata Anda mungkin tidak terlalu populer dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Padahal kota ini memiliki banyak keunikan dan keindahan di dalamnya. Anda benar-benar dapat menjelajahi di mana saja saat berada di wilayah Makassar.

Sekilas, Kota Daeng sebenarnya lebih terkenal dengan berbagai sajian kulinernya yang dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa tempat ini memiliki banyak tempat wisata, baik yang bercita rasa lokal maupun internasional seperti wisata alam, wisata edukasi atau bahkan wisata sejarah ada di Kota Makassar.

Panorama di kota Makassar memang indah. Tata letak yang strategis menjadikan kota ini menarik untuk dikunjungi. Momen santai bersama rekan atau keluarga akan terasa lebih seru dan asyik. Di bawah ini adalah rekomendasi tempat wisata di Makassar untuk dikunjungi saat musim liburan.

1. Benteng Somba Opu

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Gambaran tempat wisata Benteng Somba Opu di Makassar. Image ©ELJOHNNews


Ada beberapa bangunan kastil di kota ini secara bersamaan. Ia menjadi representasi kuatnya pertahanan Kesultanan Kerajaan Gowa saat itu dalam mempertahankannya. Tempat ini telah menjadi pusat keamanan untuk mengamankan bisnis yang ramai pada saat itu.

Tentu saja, ketika sebuah kerajaan tidak bisa menunjukkan kekuatannya, mereka di pandang sebelah mata dan diabaikan. Apalagi saat itu orang Eropa banyak melakukan kegiatan perdagangan di kawasan ini. Berdasarkan permintaan rempah-rempah yang sangat tinggi akibat krisis pada masa Perang Salib.

2. Fort Rotterdam

Ya, jangan salah, tempat ini merupakan benteng kerajaan yang dibangun mengingat pertempuran pada masa itu. Juga dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang yang masih ada. Berkunjung ke tempat ini akan menambah pemahaman Anda sebagai generasi penerus perjuangan bangsa.

Teknologi sederhana masih digunakan dalam pembangunan Fort Rotterdam. Meskipun Benteng ini dibangun pada pertengahan abad ke-16, Benteng ini masih berdiri hingga sekarang. Meski beberapa bagian dari benteng ini telah hancur dimakan usia.

3. Museum Balla Lompoa

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Gedung sejarah Museum Balla Lompoa di Makassar. Image ©SejarahLengkap

Tahukah Anda bahwa Museum Balla Lompoa merupakan rekonstruksi Istana Kerajaan Gowa? Tempat itu sendiri memiliki sejarah panjang seperti yang ada dan didirikan sebelum Indonesia merdeka. Tentu ini gedung lama sob, bukan gedung baru.

Balla Lompoa memiliki peninggalan sejarah kerajaan yang masih tersisa hingga saat ini. Juga beberapa benda sejarah lainnya yang banyak bercerita tentang sejarah bangsa kita saat itu. Anda wajib mengunjungi tempat ini untuk mengetahui detail sejarah pada masa itu.

4. Bukit Kenari

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Pemandangan yang terlihat indah di Bukit Kenari, Makassar. Image ©infowisataid

Kota metropolis yang sangat kaya akan pesona bahari ini juga memiliki destinasi wisata bernama Bukit Kenari yang tak kalah menakjubkan. Alam yang masih asri dan segar di tempat ini dengan berbagai pepohonan rindang sangat cocok untuk relaksasi dan rekreasi. Anda juga dapat menikmati sunset di sini di tengah panorama pegunungan yang indah.

5. Kawasan Wisata Malino

Sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Makassar terdapat kawasan wisata Malino, sebuah dataran yang tinggi. Namun, sebagian besar tanah di daerah itu mengandung unsur batuan kapur. Meskipun demikian, suhu di sini pada musim tertentu dalam setahun hingga 8 derajat.

Direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan Malino. Kenakan pakaian hangat untuk mencegah serangan hipotermia. Last but not least, jangan lupa membawa bekal karena tidak ada penjual nasi di sini.

6. Taman Laut Taka Bonerate

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Pemandangan yang menakjubkan di dalam Taman Laut Taka Bonerate, Makassar. Image ©JejakPiknik.com

Disebut taman laut karena tempat tersebut masih memiliki banyak terumbu karang yang masih tumbuh sehat. Taman Laut Taka Bonerate dikenal memiliki surga bawah laut yang masih terjaga kelestariannya. Tempat ini adalah salah satu cadangan spesies penyu langka di negara kita.

Hal yang paling menakjubkan di tempat ini tentu saja adalah surga bawah lautnya. Keindahan bawah laut itulah yang menarik perhatian banyak wisatawan mancanegara. Apalagi bagi yang ingin melihat langsung keindahan bawah laut tempat ini.

7. Pulau Badi

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Anda dapat menaiki perahu kayu saat berada di wisata Pulau Badi, Makassar. Image ©IndonesiaTimur

 

Sulawesi Selatan juga menawarkan pulau bawah laut yang indah untuk dikunjungi. Sembari menikmati pulau ini, Anda bahkan bisa menjumpai berbagai jenis makhluk laut di Pulau Badi. Tentu saja, Anda bisa melihat berbagai jenis ikan di sini, seperti bintang laut, ikan kerapu tikus, ikan sunu merah dan ikan nemo.

Tak hanya keindahan lautnya, pantai-pantai di pulau ini menawarkan keindahan dan udara segar yang berbeda. Hamparan pasir putih yang berpadu dengan warna biru langit pasti akan membuat siapa saja yang melihatnya terkagum-kagum. Bahkan, Anda perlu naik perahu dari Pantai Losari selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai Pulau Badi.

8. Pulau Samalona

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Indahnya Pulau Samalona di Makassar. Image ©AZWisata.com

Indonesia terkenal dengan banyak pulaunya. Beberapa pulau bahkan menampilkan keindahan alam yang tak tertandingi. Salah satunya adalah Pulau Samalona di Makassar. Perlu mengendarai sepeda motor sejauh 2 km untuk mencapai tempat wisata. Penyewaan kapal lengkap tersedia, jadi Anda jangan khawatir.

Pemandangan pulau terpencil ini sangat indah. Berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving juga sangat populer di sini. Dunia bawah laut Pulau Samalona terkenal di seluruh dunia karena keindahannya. Sayangnya, luas pulau ini semakin berkurang setiap tahunnya.

9. Air Terjun Takapala

Tentu saja, meski terdapat pegunungan kapur, bukan berarti daerah ini memiliki tanah tandus. Objek wisata ini menyediakan air terjun yang indah yang dapat memanjakan mata setiap pengunjung. Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Takapala.

Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer bagi penduduk kota ini. Apalagi anak muda kota ini sering datang ke tempat ini. Lebih khusus lagi, pada akhir pekan dan hari libur.

10. Pegunungan Karst

Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits
Foto Gunung Karst dari samping terlihat memukau, Makassar. Image ©Pegipegi

Nah, mengingat banyaknya pulau dan pantai yang dibahas dan telah di sebutkan di atas. Pembahasan tempat wisata di kota Makassar memang agak terlambat dibandingkan dengan gunung. Gunung ini juga berada di kota yang sama dan disebut seperti pegunungan atau pegunungan karst.

Seperti namanya, gunung ini merupakan gunung kapur terbesar di negara kita. Semacam lantai kapur mengubah tempat ini menjadi gua saat terendam dan ada beberapa gua di lereng pegunungan ini.

11. Pantai Galesong

Wisata bahari di Pantai Galesong juga tidak kalah menarik. Pantai ini memiliki kolam renang dan akomodasi, cocok untuk masa menginap yang menyenangkan. Anda bahkan bisa bersantai di bangku di bawah pohon palem untuk menikmati suara ombak dan semilir angin yang menyegarkan.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan laut lepas Makassar saat berada di kolam renang atau di penginapan. Tur ini bahkan mencakup patung dan pondok sekitar kolam renang dengan gaya Eropa klasik. Anda bahkan dapat menemukan restoran di tempat ini.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Makassar terkini dan yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Setiap tempat memiliki keindahan tersendiri yang tidak boleh Anda lewatkan. Beragam tempat wisata memiliki fasilitas lengkap yang membuat Anda betah selama perjalanan jauh.

ExplorerTour
ExplorerTour Explorer Tour adalah situs blog yang menjelaskan tentang tempat Wisata dan Kuliner. Terimakasih telah mengunjungi kami.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata di Makassar Terkini dan Hits"