Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah

Edited by Mochammad ðŸ•¡Sabtu, 28 Januari 2023 - 18.18 WIB

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Salah satu spot wisata di Cibodas, Cianjur. Image @Yanacircle.com


Explorertour, Cirebon - Apakah Anda berencana untuk menghabiskan liburan Anda di Cibodas, tetapi tidak tahu tujuan mana yang harus dikunjungi ? Berikut rekomendasi tempat wisata di Cibodas, Cianjur yang menawarkan beberapa panorama menakjubkan dan memukau yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Sebelum pembahasan, Warga Jakarta ataupun sekitarnya kerap menjadikan Cianjur sebagai destinasi liburan mereka. Anda bisa mampir ke kawasan Cibodas karena banyak tempat yang dapat dikunjungi. Pemandangan indah yang akan memikat semua orang dan cuaca yang sejuk akan membuat liburan Anda semakin menarik sekaligus seru. Dibawah ini adalah rekomendasi tempat wisata di Cibodas, Cianjur yang bisa membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Destinasi Wisata Cibodas yang Sangat Recomended

Baca Juga Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta

Rumah Kaca

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Bangunan rumah kaca dengan dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Image @HalloCianjur

Di sini Anda akan menemukan anggrek dan kaktus yang indah. Biasanya lebih banyak pengunjung wanita di sini. Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan untuk melihat bunga Bangka yang sangat besar dan langka. Dengan memiliki udara yang segar, wisatawan akan lebih betah untuk berdiam di tempat ini.

Taman Lumut

Taman Lumut terletak di Kebun Raya Cibodas dan baru dibuka pada tahun 2006. Dengan luas lahan kurang lebih 1.500 meter persegi, taman ini sengaja didesain menyerupai habitatnya yang berlumut. Hamparan lumut hijau ini memang memberi manfaat lain. Selain itu, ada pohon lain di taman ini yang dapat Anda temukan.

Air Terjun Cibeureum

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Pemandangan Curug Cibeureum yang estetik, Cianjur. Image @JejakPiknik.com

Saat Anda berada di Cibodas, Anda tidak boleh melewatkan Curug Cibeureum. Karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango, jadi wisata ini sangat terawat. Anda akan mendapatkan panorama air yang jatuh dari ketinggian yang begitu jernih. Aliran airnya terlihat sangat deras dan dikelilingi oleh alam hijau yang memukau.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus terlebih dahulu berjalan kaki. Namun, Anda tidak akan terasa lelah, karena dalam perjalanan lokasi ini menawarkan panorama yang menarik. Perjalanan Anda untuk sampai lokasi ini memakan waktu setidaknya 2 jam dan Anda akan dihadiahi air terjun yang indah dengan pegunungan yang megah yang akan menghilangkan rasa lelahmu.

Telaga Biru

Selanjutnya destinasi wisata Cibodas yang direkomendasikan untuk Anda adalah Telaga Biru. Liburan akan semakin menarik ketika Telaga Biru menjadi tujuan liburan Anda. Saat Anda berkendara ke air terjun Cibeureum, Anda akan melewatinya. Seperti namanya, Anda akan menemukan air biru yang jernih. Air jernih tersebut menjadi semakin mempesona dengan alam yang ditawarkannya.

Bahkan, danau berwarna biru ini bisa mengubah warna airnya. Hal tersebut karena ada ganggang atau rumput di danau. Warnanya berubah secara signifikan tergantung pada sinar matahari. Tak heran, para pendaki menyempatkan diri untuk singgah di danau ini karena masih berupa jalan setapak dan pemandangannya masih alami sangat cantik.

Bumi Perkemahan Mandalawangi

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Sangat cocok untuk tempat camping dengan disuguhi pemandangan alam yang begitu indah. Image @Pagguci

Menikmati indahnya alam di alam bebas tidaklah cukup jika hanya sesaat. Oleh karena itu, bagi yang ingin menikmati keindahan Cibodas bisa sekaligus berkemah dan bumi perkemahan yang dapat dipilih yaitu Bumi Perkemahan Mandalawangi. Tempatnya sebelah kebun raya, dengan begitu mudah bagi Anda untuk mencapai tempat tersebut.

Lokasi perkemahan sangat luas dan dapat menampung banyak tenda. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti menjelajahi hutan ataupun outbound. Letaknya yang strategis dan suasananya yang alami menjadikan tempat berkemah ini populer. Kegiatan ini pasti akan lebih menarik, jika Anda melakukannya dengan teman atau kerabat Anda.

Jalan Air dan Taman Rhododendron

Padahal, Kebun Raya Cibodas memiliki banyak tempat menarik untuk Anda jelajahi. Jika belum puas, Anda bisa mengunjungi Rhododendron Garden sekaligus jalur airnya. Keduanya benar - benar masuk dalam daftar wisata yang wajib Anda dikunjungi. Di Taman Rhododendron Anda akan menemukan yang berbeda koleksi bunga dari berbagai negara.

Sedangkan jika sedang berada di Jalan Air, Anda bisa mencoba beberapa wisata wahana yang menarik. Jalan Air merupakan tempat yang sangat cocok jika dikunjungi bersama anak- anak. Aliran ini berasal dari Sungai Cibogo yang bersumber dari Gunung Gede. Sehingga airnya sangat jernih dan segar. Sangat cocok jika Anda berkunjung pada tempat ini bersama keluarga.

Air Terjun Cibogo

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Gambaran curug cibogo memiliki air yang jernih dan menyegarkan, Cibodas. Image @GoTravelly

Selain bisa mengunjungi wisata alam pegunungan, Anda juga bisa menjumpai air terjun yang megah di kawasan Cibodas. Air Terjun Cibogo bisa dikatakan masih menjadi bagian dari Kebun Raya Cibodas. Anda akan menemukannya di sebelah Taman Sakura dan Water Street. Jadi, Anda bisa sekaligus mengunjungi wisata ini sebagai tujuan.

Keberadaan air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah dan tidak akan membuat Anda menyesal saat berkunjung tempat ini. Airnya yang jernih dan segar membuat semua orang tidak sabar untuk bermain di area air terjun. Daerah sekitarnya beserta air terjun ini memiliki pemandangan hijau yang sangat indah hingga menawan. Anda juga bisa berfoto di setiap sudut air terjun ini, sangat direkomendasikan bukan ?

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Pemandangan yang menakjubkan dengan spot wisata yang masih asri dan sangat cocok untuk dijadikan background foto di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Image @SihaciCianjurkab.go.id

Bagi yang senang berwisata ke tempat - tempat indah sekaligus berpetualang, Gunung Gede Pangrango juga bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah hutan hujan tropis dan termasuk kawasan yang ditetapkan fungsinya sebagai kawasan pelestarian atau perlindungan alam. Diantara Gunung Pangrango dan Gunung Gede sendiri ada pegunungan yang dikenal sebagai Kandang Badak akan dihubungkan oleh gigi gunung.

Berkunjung ke objek wisata alam ini akan ditawarkan pemandangan panorama yang akan memanjakan mata dengan suasananya yang unik. Tidak hanya itu, Anda bisa menemukan berbagai jenis flora dan fauna. Bahkan, Anda juga bisa menemukan bunga edelweis yang merupakan tanaman cantik dan langka saat ini. Di sini juga terdapat pohon besar yang dikenal dengan nama Rasamala.

Selain itu, tidak ketinggalan tanaman pemangsa, tanaman kantong semar dan beragam jenis bunga anggrek. Anda juga memiliki pilihan untuk menikmati jamur bercahaya yang nama ilmiahnya belum diketahui. Bukan hanya itu saja lho, kekayaan hayatinya begitu kaya sehingga pengunjung juga bisa mendaki ke puncak untuk mengejar keindahan puncak Gunung Gede Pangrango.

Canopy Trail Ciwalen

Berikutnya untuk melanjutkan perjalanan ke kawasan Cibodas yang lebih menarik adalah Canopy Trail Ciwalen bisa Anda jadikan sebagai tujuan. Wisata tersebut berupa jembatan gantung yang tingginya sekitar 45 meter dan panjangnya sekitar 130 meter. Di ujung, ada dua pohon besar yang menopang jembatan megah ini.

Bagi yang penasaran dengan keberadaan jembatan gantung ini, Anda bisa mengaksesnya dari Air Terjun Cibeureum. Hanya saja pengunjung membutuhkan pemandu untuk mencapai destinasi wisata ini. Sebelum digunakan sebagai tempat bertamasya saat ini, jembatan ini digunakan untuk observasi alam.

Sedemikian rupa sehingga banyak yang mengubahnya menjadi tempat berburu foto modern. Apalagi setelah foto tempat ini tersebar di jejaring sosial, semakin banyak orang yang menanyakan tempat tersebut, saking penasarannya. Jembatan ini memiliki area dengan pepohonan rindang di kiri dan kanannya yang membuat ruangan menjadi sangat asri. Cuaca dan udara pada tempat ini pastinya sejuk juga semakin menambah daftar panjang pesonanya.

Taman Sakura

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Spot wisata Taman Sakura memiliki bunga yang indah dan menawan, Cibodas. Image @sentul.city

Selanjutnya destinasi wisata yang direkomendasikan saat berkunjung di kawasan Kebun Raya adalah Taman Sakura. Selain itu, ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Seperti namanya, Anda benar - benar akan menemukan taman bunga sakura yang begitu indah. Anda dapat mengunjunginya terlebih dahulu di Indonesia sebelum bepergian ke Jepang atau negara lain. Mungkin Anda bertanya - tanya mengapa bunga sakura tumbuh negara Indonesia ?

Bunga sakura biasanya tumbuh di negara yang memiliki empat musim. Namun, karena Kebun Raya Cibodas terletak di ketinggian sekitar 1.400 mdpl , hal ini menjadi salah satu faktor yang membuatnya tumbuh subur di Indonesia. Untuk menikmati bunga sakura yang indah, Anda perlu mengetahui waktu yang tepat untuk berkunjung.

Dimana bunga cantik ini mekar dua kali dalam setahun. Untuk itu Anda bisa datang dari bulan Januari hingga Februari atau dari bulan Juli hingga Agustus. Indahnya bunga berwarna merah muda berpadu dengan alam hijau yang tiada habisnya akan memanjakan mata Anda. Taman Sakura juga cocok untuk berburu foto yang indah dengan background yang estetik.

Kebun Raya Cibodas

Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah
Spot foto dengan pemandangan yang indah di Kebun Raya Cibodas, Cianjur. Image@Travelspromo

Berkunjung ke kawasan Cibodas, tidak lengkap tanpa mampir ke Kebun Raya Cibodas. Taman seluas sekitar 80 hektar ini menawarkan keindahan yang menakjubkan. Letaknya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango menawarkan suasana yang sangat sejuk dan segar.

Daya tarik kebun raya ini tidak hanya terletak pada areanya yang luas, tetapi juga pada ribuan koleksi pohonnya. Koleksi pohon tidak hanya tanaman baru, tetapi juga pohon tua.Setidaknya kurang lebih ada 5.831 tanaman dengan ribuan spesies. Selain itu, dengan selain danau hingga air terjun, kondisi lingkungannya juga bergelombang.

Di sini Anda tidak hanya bisa bersantai, pengunjung juga bisa mengikuti wisata edukasi dengan topik pendidikan lingkungan. Kebun Raya Cibodas juga sering dijadikan tempat pertemuan atau berkumpul. Karena banyaknya tempat menarik, kamu juga dapat mencari spot foto Instagramable di wisata ini. Pastinya, Anda dapat menikmati panorama yang indah serta udara yang sejuk.

Baca Juga Tempat Wisata Alam dan Sejarah di Semarang

Itulah beberapa destinasi wisata dengan pemandangan yang indah di Cibodas, Cianjur yang bisa Anda kunjungi. Sebagian besar masih berada di kawasan Kebun Raya, karena sebenarnya masih banyak tempat yang bisa diekspor. Namun, Anda juga bisa menemukan wisata alam lain yang tidak kalah menarik. Sudah jelas, Cibodas adalah salah satu pilihan yang tepat untuk relaksasi dari segala aktivitas.

ExplorerTour
ExplorerTour Explorer Tour adalah situs blog yang menjelaskan tentang tempat Wisata dan Kuliner. Terimakasih telah mengunjungi kami.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata Cibodas dengan Pemandangan yang Indah"